Akhirnya Sinar Mas Land (SML) berhasil melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) kawasan Digital Hub di BSD City, Tangerang (18/5/2017). Acara ini menandakan secara simbolis dimulainya pembangunan kawasan Digital Hub seluas 25,86 hektar yang berlokasi tepat di bagian selatan Green Office Park, BSD City. “Pada fase tahun 2017-2019, kami akan banyak berkolaborasi dan mengajak tenant bergabung di Digital Hub. Pembangunan infrastruktur Digital Hub sendiri dimulai pada 2017 dan ditargetkan akan selesai 2019 mendatang Investasi pembangunan Digital Hub sekitar Rp7 triliun,” jelas Michael Widjaja, CEO Sinar Mas Land.
 

Digital Hub merupakan invovasi SML untuk mewujudkan transformasi BSD City sebagai integrated smart digital city di Indonesia. Ini sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat di era teknologi digital akan kawasan yang memiliki infrastruktur jaringan telekomunikasi yang handal, fasilitas lengkap, serta berlokasi strategis dan multi akses.
 

Kawasan ini didedikasikan sebagai ‘Silicon Valley’ Indonesia, dipersembahkan khusus untuk menunjang operasional dan aktivitas keseharian perusahaan berbasis teknologi dan digital, mulai dari startups company, technology leaders, hingga institusi pendidikan yang bergerak di bidang IT Science dan industri kreatif seperti animasi film dan games .
 

“Diharapkan kehadiran Digital Hub dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan industri berbasis IT dan teknologi digital, mengingat saat ini Pemerintah Indonesia juga sedang fokus untuk mendorong pertumbuhan industri tersebut. Keberadaan kawasan Digital Hub ke depannya akan mempercepat terbentuknya sebuah ekosistem berbasis IT dan teknologi digital seperti yang terjadi di Silicon Valley Amerika Serikat,” jelas Micahel.
 

Menurut Michael, kawasan Digital Hub yang berada di BSD City ini memiliki beragam keunggulan, mulai dari jaringan fiber optic hasil kerja sama dengan Huawei perusahaan pemasok perangkat telekomunikasi dan teknologi jaringan komunikasi terbesar di dunia. Selain itu, lokasi dan akses transportasi Digital Hub strategis, karena berada di selatan Jakarta dan berdekatan dengan bandara internasional Soekarno-Hatta. Kemudahan akses wilayah BSD City ditunjang oleh dua jalur tol utama yakni Tol Kebon Jeruk dan Tol Pondok Indah (Toll Jorr W2).
 

BSD City juga merupakan sebuah kota yang memiliki sarana prasarana lengkap yang dikembangkan dengan memperhatikan aspek kelestarian lingkungan. Keunggulan lain kawasan Digital Hub dirancang khusus oleh NBBJ konsultan arsitektur terkemuka dari Amerika Serikat yang kerap mendesign sejumlah kantor perusahaan berbasis teknologi di dunia seperti Microsoft, Amazone dan kantor pusat Samsung di Sillicon Valley – San Jose California Amerika Serikat. Dengan konsultan arsitektur yang berpengalaman dan mumpuni maka kawasan Digital Hub akan menjadi tempat yang nyaman bagi para pekerjanya dan dipastikan suasananya akan kental dengan nuansa teknologi. Hal ini berbeda dengan nuansa lingkungan di tempat bekerja biasa.
 

Nantinya, kawasan Digital Hub akan menjadi tempat yang ideal bagi research center, institusi pendidikan dibidang engineering/technology/IT/science dan juga industri creative, serta beragam kegiatan yang berbasis IT dan teknologi digital seperti animasi, 3D.
 

Kawasan Digital Hub

Digital Hub akan dikembangkan dengan konsep mixed use yang terdiri atas fasilitas, sarana dan prasarana bisnis, retail dan lifestyle. Keberadaan berbagai fasilitas, sarana dan prasarana tersebut memperkuat peran Digital Hub sebagai lokasi sentra usaha dan tempat strategis bagi perusahaan teknologi, start up companies, dan komunitas digital. Saat ini berbagai tenant di bidang IT seperti Huawei, Apple Research and Development Center, MyRepublic, Sale Stock, Orami, evhive, Purwadhika, GeeksFarm dan Plug and Play telah hadir di BSD City dan akan berkantor di Kawasan Digital Hub pada tahun 2019 mendatang.
 

“Sinar Mas Land serius menggarap kawasan Digital Hub menjadi tempat berkumpulnya para pelaku usaha di dunia industri IT dan teknologi digital dikarenakan perkembangan industri tersebut sangat dinamis. Tentunya tidak hanya dilengkapi dengan fasilitas canggih, namun dalam pengembangannya kami juga tetap mengutamakan ketersediaan lahan hijau yang luas agar membuat para pekerja di kawasan ini menjadi lebih produktif dalam melahirkan inovasi baru,” ungkap Michael.
 

Digital Hub dilengkapi dengan hadirnya penyediaan aplikasi mobile bernama OneSmile yang dapat terintegrasi dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat BSD City untuk mendukung kegiatan masyarakat dalam aktifitas kehidupan sehari-hari.”
 

OneSmile merupakan aplikasi yang secara paralel dikembangkan sejalan dengan pembangunan infrastruktur dan berbagai fasilitas di BSD City. Aplikasi tersebut berupa pantauan cctv, e-wallet, community platform, loyalty programs, dan business performance management solutions yang dapat memberi kemudahan informasi dan kemudahan dalam segala bentuk transaksi mulai dari pembayaran sewa bagi para tenant, pembayaran iuran lingkungan, pembayaran air, hingga melakukan pemesanan tempat dan pembelian tiket di berbagai restoran dan tempat hiburan yang ada di area BSD City.
 

Kata Michael, Digital Hub dipersembahkan khusus untuk menunjang operasional dan aktivitas keseharian perusahaan teknologi dan digital, mulai dari startup company, technology leaders, hingga institusi pendidikan yang bergerak di bidang IT Science .
 

Beberapa perusahaan teknologi informasi (TI) seperti MyRepublic, salah satu penyedia layanan internet di BSD, PT Walden Global Service (WGS Hub) perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi (TI) dan perangkat lunak (software) telah hadir di BSD City sebagai ‘the 1st proper software warehouse’ di Indonesia, serta berhasil menarik Apple yang merupakan perusahaan raksasa teknologi asal Amerika Serikat untuk membangun pusat inovasi aplikasi teknologinya di kawasan Digital Hub. Bergabungnya Apple di BSD City merupakan sebuah pencapaian yang memuaskan SML.
 

Selain perusahaan-perusahaan IT kawasan Digital Hub juga ditunjang oleh hadirnya lembaga-lembaga pendidikan berbasis IT yang nantinya juga akan turut berkontribusi dalam pembangunan ekosistem Digital Hub. Saat ini, SML bekerja sama dengan GeeksFarm, sebuah lembaga pendidikan IT yang menawarkan pelatihan dalam bidang programming bagi masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Selain itu, GeeksFarm juga menyediakan pelatihan gratis untuk anak 18 tahun ke atas yang tidak mampu melanjutkan kuliah untuk menjadi programmer dan nantinya akan ditempatkan di perusahaan klien, juga dalam pembangunan kawasan Digital Hub.
 

Juga, bersinergi dengan Purwadhika Startup & Coding School sebagai institusi pendidikan yang menawarkan beragam program pendidikan dan pengetahuan tentang dunia teknologi informasi, khususnya dibidang startup dan keahlian coding. Seperti halnya dengan GeeksFarm, para pelajar dari Purwadhika Startup & Coding School nantinya tidak hanya berkesempatan untuk mengetahui lebih dalam tentang dunia IT, namun juga berkesempatan untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Digital Hub, serta pengembangan komunitas-komunitas Digital yang akan hadir di BSD City.
 

Sumber: https://swa.co.id/swa/trends/investasi-rp7-triliun-sml-lakukan-groundbreaking-digital-hub

Category

News Event